shadow

4 Buku Favoritku di PPIC

4 Buku Favoritku di PPIC –  Pengalaman dan Pengamalanku di PPIC

Bulan Mei tahun 1992 adalah perkenalan pertama saya dengan dunia PPIC. Saat saya diterima bekerja sebagai PPIC staff di sebuah perusahaan manufaktur, saya belum memahami seluk beluk PPIC karena background saya adalah Teknik Informatika bukan Teknik Industri. Karena rasa ingin tahu yg begitu besar, sepulang kerja saya sering mampir ke toko buku untuk mencari buku yang cocok dengan pekerjaan baru saya.

Manpro-THaniHandokoI. Akhirnya saya menemukan buku pertama yang cocok yaitu buku yang membahas tentang PPIC, Buku Manajemen Produksi karya T.Hani Handoko. Banyak yg saya pelajari dari buku ini diantaranya adalah cara membuat ABC Analysis.

 

 

 

 

Jpeg
Jpeg

 

 

II. Kemudian buku kedua yang saya beli adalah buku Manajemen Produksi karya Eddy Herjanto, disinilah pertama kali saya mengenal istilah MRP (Material Requirement Planning) dan lebih dalam lagi mengenal PPIC.

 

 

 

 

 

 

ppic vincent

III. Lalu sekitar tahun 1999 saya beli buku ketiga Production Planning Inventory Control karya Vincent Gaspers, lewat buku ini saya semakin memahami PPIC seiring dengan pengalaman kerja saya selama 7 tahun dengan posisi saat itu PPIC Supervisor.

 

 

 

 

 

 

 

Intro-MM-6th

IV. Selanjutnyasekitar tahun 2003 ada seorang teman yang memperkenalkan saya padaa buku keempat Introduction to Material Management karya Jr.Tony Arnold. Saya memperoleh gambaran yang lebih luas bukan hanya mengenai PPIC tetapi juga tentang Material Management dan Supply Chain Management, pengetahuan saya jadi semakin bertambah. Sekarang sdh ada Edisi yg ke 7.

Setelah ini pengetahuan saya di bidang PPIC semakin bertambah seiring dengan kepercayaan dari atasan saya untuk bebas berekspresi di PPIC. Dan juga diberikan training mengenai PPIC level advance di tahun 2011.

 

Setelah buku ini, saya semakin tertarik dengan buku-buku Supply Chain dan Manajemen produksi lainnya yaitu buku Supply Chain karya Sunil Chopra, Essential Supply Chain, article-article mengenai Lean manufacturing, OEE, dsb.

Selain membaca buku saya juga rajin mengikuti milis-milis yang terkait dengan Manajemen produksi.

Selalu mencari cara untuk memudahkan saya bekerja itulah sebenarnya tujuan saya belajar dan membaca buku terkait dengan pekerjaan,  selain itu pelajaran dan pengalaman yang saya peroleh dari para senior saya PPIC-Logistic Manager dan rekan-rekan di PPIC atau dari departemen lain…… utk itu saya sangat berterima kasih kepada Pak Santoso, Mbak Lisna, Pak Rico, Ibu Lucia, Mbak Vera, dan rekan-rekanku Pudji, Abdul, Mbak Titi, Om Tumino, Ajeng, Zaenal, Mbak Carol, dsb deh…

Karena kebiasaan membaca tersebut, selain mengerjakan tugas rutin, saya diberi tugas tambahan sebagai Area training owner di departemen kami, yang bertugas menyusun jadwal training, mencari dan mendaftarkan training  anggota team ke lembaga training, menyelenggarakan internal training, termasuk membuat materi training dan menjadi Trainer terkait PPIC.

Itulah sekelumit kisah saya semoga bermanfaat untuk saya dan sahabat PPIC.

Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih untuk Para Penulis buku yg saya sebutkan di atas tadi…..

 

Incoming search terms:

  • buku tentang ppic
  • buku ppic
  • buku tentang mrp
  • buku PPIC edisi terbaru
  • buku mrp
  • buku ppic terbaik
  • buku ppic 2005
  • Pengalaman bekerja sebagai PPIC
  • pengetahuan seputar ppic
  • buku material requirement planning 2 vincent gasper
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

2 comments on “4 Buku Favoritku di PPIC

  1. Naylul

    Terima kasih atas informasi yang telah dishare melalui blog nya, sangat bermanfaat bagi saya yang sedang memulai karir sebagai PPIC.
    Kalau boleh bertanya, dimanakah saya bisa mendapatkan buku2 mengenai PPIC yang dishare diatas ?

    Terima kasih atas jawabannya,

    Regards
    Naylul

    • idasuhardiah

      Terima kasih juga telah membaca blog saya.
      Buku2 tsb dulu sy beli di Gramedia. Ttp utk buku2 terbitan luar dibeli online.

      Rgds, Ida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *