shadow

Buku The Effective Executive

buku2Belajar dari Buku The Effective Executive karya Peter F. Drucker

 

Drucker memulainya dengan bertanya : jika dasar dari pengukuran pekerja kasar adalah EFISIENSI, Lalu apa ukuran untuk pekerja kantoran? Drucker berpendapat bahwa daripada mengerjakan pekerjaan dengan benar, pekerja kantoran harus berusaha agar EFEKTIF dengan mengerjakan pekerjaan yang benar.

 

Drucker berpendapat : mungkin tidak ada hal lain yang membedakan para eksekutif yang efektif selain perhatian mereka yang besar terhadap WAKTU.

 

Drucker mengutip studi-studi yang menunjukkan bagaimana manusia mempunyai persepsi yang buruk mengenai waktu dan sulit sekali mengingat bagaimana mereka menghabiskan waktunya, maka persoalan waktu menjadi semakin penting.

 

Drucker menyarankan untuk membuat buku catatan, dan jika lebih dari setengah waktu seorang eksekutif ditentukan oleh orang lain, maka sekaranglah saatnya untuk mengambil kembali kendali atas waktunya.

 

3 hal yg pada umumnya menghabiskan waktu yang perlu diperhatikan:

  1. Mengerjakan pekerjaan yg tidak perlu dikerjakan
  2. Mengerjakan pekerjaan yg lebih baik jika dilakukan oleh orang lain
  3. Mengerjakan pekerjaan yg membutuhkan orang lain utk melakukan pekerjaan yg tidak perlu

 

Para eksekutif yg efektif menggunakan kekuatan setiap orang yg ada dalam setiap organisasi. Tetapi dalam melejitkan kekuatan-kekuatan hebat, Anda juga harus bertahan menghadapi kelemahan.

 

Drucker tidak merasa cemas mempekerjakan orang-orang sok penting dan genius, meskipun ketidaknyamanan dalam manajemen sebagian disebabkan oleh mereka, karena Drucker berprinsip bahwa KONTRIBUSI merupakan satu-satunya ukuran sukses yg penting.

 

Drucker juga meyakini bahwa KOMUNIKASI, KERJA TEAM, PERBAIKAN DIRI, dan PERKEMBANGAN ORANG LAIN merupakan bagian dari KONTRIBUSI.

 

Para eksekutif yang efektif mengerjakan pekerjaan yang PENTING TERLEBIH DAHULU dan FOKUS pada satu pekerjaan pada satu waktu.

 

Bagaimanapun juga Efektivitas bukanlah permasalahannya tetapi DISIPLIN DIRI adalah yang terpenting.

 

Menyadarkan kita bahwa dunia kerja kita bukanlah mengenai mengerjakan pekerjaan tetapi lebih pada mengerjakan pekerjaan yg benar.

 

Source: Buku The Effective Executive karya Peter F. Drucker,dan Buku 100 Buku Bisnis Terbaik Sepanjang Masa karya Jack Covert dan Todd Sattersten

 

 

facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *